Pada beberapa unit kerja baik itu swasta maupun pemerintah, daftar hadir merupakan suatu dokumen wajib sebagai bahan pertanggungjawaban maupun evaluasi dari unit kerja tersebut. Banyak cara yang dilakukan kantor untuk membuat daftar hadir, baik itu dengan sistem manual (paraf/tanda tangan) atau dengan tekhnologi canggih seperti FingerPrint, CheckLock, dll. Namun pada tutorial kali ini kita hanya akan mencoba membuat daftar hadir dengan menggunakan Microsoft Excel. Kelebihan dari Daftar Hadir ini adalah kita tinggal memasukkan (angka) bulan berjalan, tekan enter dan langsung print. Sangat berbeda jika harus mengetik satu persatu keadaan yang berlaku pada bulan tersebut. Daftar hadir di bawah ini merupakan contoh daftar hadir yang digunakan pada kantor saya, dan anda bebas mengembangkan / memodifikasi formatnya sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk lebih jelasnya, kita mulai saja tutorial ini.

Langkah-langkahnya adalah :

  1. Buka Excel untuk membuat file baru.
  2. Buatlah format daftar hadir yang anda inginkan.
  • Format di bawah ini hanya contoh, anda bebas menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda. Namun agar tidak bingung dalam latihan ini, maka samakan saja dengan tutorial ini.

Image3. Pada format di atas, ada beberapa field/kolom/cell yang akan kita otomatisasi (tanda panah) sesuai dengan keadaan bulan berjalan, diantaranya :

  • Bulan (1)
  • Nama hari (2)
  • Tanda “X” pada hari libur (3)
  • Tanggal 1 s/d terakhir bulan berjalan (4), dan
  • Tanggal terakhir hari kerja pada bulan berjalan (5)

Selain cell yang disebutkan diatas, cell yang lainnya merupakan cell yang berisi data statis atau tidak berubah-ubah. Antara lain : Nama Pegawai, Jabatan, tanggal , dan nama/jabatan pimpinan.

4. Tahap pemberian fungsi pada cell-cell segera dimulai. Sebelumnya siapkan sebuah cell diluar format untuk menginput angka bulan (contoh : Juni = 6), serta sebuah tabel bulan yang akan digunakan sebagai tabel pencarian nantinya. Pada contoh ini, saya menempatkan cell inputnya pada cell AI1 dan tabel bulan di bawahnya seperti gambar di bawah :

Image

Jika anda bertanya-tanya tentang garis putus-putus di sekeliling format di atas maka akan saya terangkan di akhir tutorial ini.

5. Kita melangkah pada pemberian fungsi / rumus pada cell-cell yang akan terisi otomatis, dimulai pada nama bulan (1). Ketikkan =”: “&UPPER(VLOOKUP(AI1;AL10:AN23;2)) pada cell C5 lalu tekan ENTER (bukan tanda panah atau klik).

Image

Setelah di enter dan hasilnya adalah : JUNI maka rumusnya bekerja dan berhasil.

ð  Penjelasan :

  • =”: “&UPPER(VLOOKUP(AI1;AL10:AN23;2)) adalah untuk membuat tanda titik dua di awal kata.
  • =”: “&UPPER(VLOOKUP(AI1;AL10:AN23;2)) untuk menambah fungsi selanjutnya.
  • =”: “&UPPER(VLOOKUP(AI1;AL10:AN23;2)) untuk menjadikan huruf kapital pada fungsi yang dihasilkan dari rumus yang ada di dalam tanda kurung.
  • =”: “&UPPER(VLOOKUP(AI1;AL10:AN23;2)) untuk melakukan pencarian nama bulan dari angka yang diketikkan di (AI1), dan mencocokkan nama bulan yang sesuai pada tabel bulan (AL10 s/d AN23) pada kolom nama bulan (kolom ke-2)

6. Selanjutnya untuk fungsi tanggal (3), ketikkan angka satu pada cell D10. Untuk tanggal 2 dan seterusnya ketikkan rumus berikut pada cell E10 :

=IF(OR($AI$1=1;$AI$1=2;$AI$1=3;$AI$1=4;$AI$1=5;$AI$1=6;$AI$1=7;$AI$1=8;$AI$1=9;$AI$1=10;$AI$1=11;$AI$1=12);D10+1;””).

Fungsi dari rumus ini adalah untuk menyesuaikan jumlah hari dengan bulan berjalan (Contoh : bulan Januari = 31, Februari = 28/29, Juli= 31, dst).

7. Masih pada fungsi tanggal. Setelah di enter, pastikan hasilnya adalah angka 2. Setelah itu kembalikan kursor pada cell E10 lalu klik dan tarik sudut kanan bawah cell E10 (tanda +) sampai pada ujung kolom tanggal (AH10), dan lihat hasilnya. Semestinya akan tercipta deretan angka 2 s/d 30 sementara cell terakhir akan dikosongkan karena bulan juni hanya sampai tanggal 30.

8. Rumus untuk tanggal selesai, kita beralih pada fungsi nama hari. Pada awal cell nama hari (D9) Ketikkan rumus berikut :

=IF(AND(D10>0;D10<32);TEXT(D10&”/”&$AI$1&”/2012″;”dddd”);””) lalu tekan ENTER dan hasilnya akan muncul teks Jumat sesuai dengan awal hari pada tanggal 01 Juni 2012. Seperti pada langkah ke-7, klik dan tarik cell D9 hingga ke ujung kolom nama hari dan hasilnya akan tercipta deretan nama hari hari yang sesuai dengan tanggal yang ada di bawahnya. Kolom terakhir juga akan dikosongkan karena isian tanggal dibawahnya juga kosong, jadi menyesuaikan dengan tanggal di bawahnya.

9. Langkah selanjutnya adalah mengisi rumus untuk mengarsir (dengan tanda “X”) pada hari sabtu, minggu dan hari libur (jika ada). Ketikkan rumus berikut pada cell D11

=IF(OR(D$10=$D$23;D$10=$D$24;D$10=$D$25;D$10=$D$26);”XXX”;IF(OR(D$9=”SABTU”;D$9=”MINGGU”);”XXX”;””)) lalu tekan ENTER dan hasilnya masih kosong. Kembalikan kursor pada cell D11 lalu klik dan tarik (seperti langkah-langkah sebelumnya) hingga ke ujung dan biarkan tetap ter-blok, klik kembali tanda “+” pada sudut kanan bawah cell yang terblok lalu tarik ke bawah sejajar dengan nama pegawai yang terakhir. Hasilnya, semua hari sabtu dan minggu akan terdapat tanda “X”.

cell D11 merupakan gabungan antara baris D11 dan D12 dengan cara merge cell, demikian pula untuk cell-cell yang selanjutnya.

10. Fungsi terakhir adalah memberi tanggal sesuai hari kerja terakhir pada bulan berjalan (5).

Ketikkan rumus berikut :

=”Benteng, “&MAX(D21:AH21)&” “&VLOOKUP(AI1;AL10:AN23;2)&” 2012″ lalu tekan ENTER. Hasilnya, cell akan terisi dengan nama tempat dan tanggal hari kerja terakhir pada bulan tersebut yaitu pada hari Jumat tanggal 29.

11. Pada format daftar hadir ini terdapat pula isian untuk hari libur nasional, untuk menggunakannya anda tinggal memasukkan tanggal hari libur dimaksud pada lajur kolom D dan keterangannya di sebelah kanan tanggal. Contoh, anggaplah hari libur pada hari Kamis tanggal 14 Juni 2012. Maka pengisiannya cukup masukkan tanggal 14 pada kolom D dan keterangannya pada kolom selanjutnya. Perhatikan perubahannya.

Image

12. Penjelasan untuk garis putus-putus di sekeliling form.

Di luar form daftar hadir di atas terdapat cell inputan angka bulan dan tabel nama bulan. Nah, agar cell-cell tersebut tidak ikut tercetak sewaktu di print maka area pencetakan dibatasi hanya pada format daftar hadir saja dengan cara, blok semua form daftar hadir dari cell A1 sampai cell AH27, pilih tab Page Layout >> Print Area >> dan Set Print Area.

Hasilnya akan tercipta garis putus-putus di sekeliling form yang menandakan batas pencetakan halaman sehinggan area diluar garis putus-putus tidak akan tercetak.

Demikian turorial ini, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Jika ada yang kurang dimengerti silahkan ajukan pertanyaan, saya akan berusaha meluangkan waktu untuk menjawabnya sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Jika ada kekurangan mohon dikritik dan dimaklumi karena saya adalah manusia biasa yang sudah barang tentu tidak luput dari kesalahan.

Wassalam…

UPDATE 2 JUNI 2016

Berhubung banyaknya permintaan file excelnya, maka saya dengan senang hati membagikan untuk anda semua. Silahkan download filenya disini.

Satu tanggapan »

  1. Chandra Purnama berkata:

    Terima kasih,,, sangat membantu sekali dalam pekerjaan saya,,,

  2. Kiki berkata:

    Ijin Sedot Om…. Makasih banyak..Om pinter deh

  3. NOVA berkata:

    PENENTUAN BULAN AL 10 AN 23 DILIHAT DR MANA YH?

    • mangalaisme berkata:

      Silakan dilihat pada gambar kedua. Di sebelah kanan ada tabel kecil yg berada pada range AL10 sampai AN23. Tabel ini berfungsi untuk konversi dari angka menjadi nama bulan. Tabel ini sebenarnya dapat di rename untuk menggampangkan penulisan rumus (misal : =VLOOKUP(AI1;konversi_bulan;2) ), tapi agar lebih mudah dipahami oleh pemula maka penulisannya default

      • radi berkata:

        pak tolong dibantu, bagaimana cara vba print per bulan selama setahun per nama ya pak ? ada wa pak ? mohon dibantu utk mempercepat print bukti potong 1721 – vi

      • mangalaisme berkata:

        Maaf mas, kalau untuk vba lain lagi pembahasannya, silahkan search artikel yg membahas vba excel, sangat banyak krn sy juga sering cari2 script vba di internet. Salah satu channel YT yg sy subscribe adalah ExcelVbaIsFun. Salam…

  4. bento berkata:

    rumusnya gak lengkap om!!!!

  5. INDRA berkata:

    Makasih Gan Sangat membantu. tapi untuk rumus tanggal akhir Bulan Berjalan kok keluarnya angka Nol. kenapa ya. maaf masih belum paham betul…..

  6. mimba berkata:

    mantap cika,,,,,”

  7. gendis furniture berkata:

    rumusnya mantab banget komplet tenan. makasih

  8. gendis furniture berkata:

    terimakasih informasinya

  9. INDRA berkata:

    Sy Pake window xp dan exel 2007, kenapa di kolom hari tidak mau keluar Nama harinya yang keluar tanggal/bulan/tahun. maaf masih awam

  10. Si Adie berkata:

    terima kasih sangat membantu…

  11. Nur Azizah berkata:

    ok banget trimakasih

  12. Yusnadi Gunawan berkata:

    Terima Kasih Bro, sangat-sangat mantap dan sangat-sangat membantu. semoga Allah SWT selalu memberikan ganjaran yang berlipat ganda, kemudahan buat MANGALAISME dan selalu ditunaikan segala hajat & cita-cita MANGALAISME. Amin…

  13. cintakupadamu28 berkata:

    makasiiihh yyaaaa

  14. novianto_mm@yahoo.com berkata:

    mas minta file softcopynya dong…

  15. novianto_mm@yahoo.com berkata:

    oc mas… dah bisa….
    sangat bermanfaat

  16. jenghwas berkata:

    makasih artikel absensi excel nya
    bisa langsung dicoba nih

  17. gustam berkata:

    mohon bantuannya mas untuk penutup rumus seperti yang dibawah apakah memakai tanda )) atau bagaimana mas .. =IF(OR($AI$1=1;$AI$1=2;$AI$1=3;$AI$1=4;$AI$1=5;$AI$1=6;$AI$1=7;$AI$1=8;$AI$1=9;$AI$1=10;$AI$1=11;$AI$1=12)

    • mangalaisme berkata:

      Yth. Mas Gustam
      Rumus untuk =IF(OR($AI$1=1;$AI$1=2;$AI$1=3;$AI$1=4;$AI$1=5;$AI$1=6;$AI$1=7;$AI$1=8;$AI$1=9;$AI$1=10;$AI$1=11;$AI$1=12) Masih kurang, seharusnya ditambah seperti ini IF(OR($AI$1=1;$AI$1=2;$AI$1=3;$AI$1=4;$AI$1=5;$AI$1=6;$AI$1=7;$AI$1=8;$AI$1=9;$AI$1=10;$AI$1=11;$AI$1=12); kondisiBenar;kondisiSalah)

      Untuk isi pada kondisinya tergantung pada kebutuhan anda.
      Semoga membantu 🙂

  18. gustam berkata:

    kalau boleh tau akhiran penutup rumusnya apa ya mas ?…..

  19. Arief Syafrudin berkata:

    om mau nanya sekalian ni,,,,kalau bikin absen kehadiran berdasarkan telat atau tidak waktu datang bagi karyawan swasta gimna om…?
    misalnya dalam sebuah instansi itu ketika si A masuk kerja datang tepat waktu mendapat 20,000, tetapi ketika telat maka akan mendapat potongan otomatis, sesuai dengan berapa lama waktu telatnya itu…
    nah untuk membuat itu gimana om rumusnya dalam excel……?
    thx sebelumnya om mohon bntuannya…. (^_^)

  20. yosep berkata:

    Mas kolom AI di isi apa/

  21. dinneke berkata:

    Kalau buat daftar absensi tugas kan harus ada keterangan ketidakhadiran seperti sakit, izin dan alpa bagaimana untuk ketiga keterangan tersebut agar ditulis KEBAWAH BUKAN MENDATAR

  22. dinneke berkata:

    Kalau mau buat daftar absensi kan pasti ada keterangan ketidakhadiran seperti hadir, sakit, izin, dan alpa. kalau kita mau bikin keterangan tersebut biar tulisannya KEBAWAH BUKAN MENDATAR gimana ya caranya???

    • mangalaisme berkata:

      maaf, artikel kali ini adalah untuk memudahkan membuat format daftar hadir untuk di print selanjutnya di paraf oleh yang bersangkutan. untuk pertanyaan dinneke mungkin dibahas lain kali ya.. 🙂

  23. daniasa berkata:

    ada data exel nya gak,,, mow download

  24. Edy berkata:

    BRO MOHON MAAF, ADAKAH FILE FORMAT .XLS NYA UTK SAYA DOWNLOAD AGAR MLEBIH MUDAH KARENA SAYA COBA BERKALI KALI HASILNYA TIDAK SAMA SOA RUMUS BULANNYA. MOHON MAAF

  25. nita berkata:

    Koq di langkah nomor 8 tidak muncul nama harinya kenapa ya?

  26. Langkah di D9 koq tidak muncul nama hari nya ya?

  27. mia berkata:

    kenapa begitu masukin rumus =”: “&UPPER(VLOOKUP(AI1;AL10:AN23;2)) salah dan keblokk slah satu cell nya (AI1) dan gak berwarna di excel ya mas ?? maaf masih awam. tolong dibantu

  28. didi berkata:

    =IF(AND(D10>0;D10<32);TEXT(D10&”/”&$AI$1&”/2012″;”dddd”);””)
    kenapa gak berfungsi om?

  29. xxx berkata:

    Tһis website was… how do I say it? Relevant!! Finally I have found something which helped me.
    Many thanks!

  30. prudhten izackz berkata:

    Om ketika sya ketik =”:”&upper(vlookup(AI1;AL10:AN23;2)) pada langkah nomor 5 kok masih error yaa… saya sudah ikutin sesuai petunjuknya. Untuk yg nomor 4 sy kurang paham pada gambar angka 6 jd sya ketik 6 Om ^_^. mhon penjelasannya… #trim’s

  31. prudhten izackz berkata:

    Om sy udah buat daftar pencarian bulan seperti gambar nmor 4 , pas ketik =”: “&UPPER(VLOOKUP(AI1;AL10:Am21;2)) di C5 kok error ??

  32. Rizky Amalia Chairani berkata:

    Terus kalau mau nandain masuk atau nggaknya gimana ya om?

  33. agung pramono berkata:

    mau nanya mas…. itu untuk bulan februari di tahun kabisat ok, tapi untuk bulan februari di tahun selain kabisat gimana??(masih ada tanggal 29)

  34. ayem berkata:

    Copas boosss

  35. Nuriati berkata:

    Trima kasi ilmunya sangat membantu

  36. irsad deddie berkata:

    maap mas..apa masih bisa sya mendapatkan file ini

  37. okta berkata:

    aku dowload udah hilang filenya

  38. Oktavia aryani berkata:

    Selamat malam kak, saya mau tanya saya mau menghitung data absensi karyawan di hotel A untuk skripsi saya sudah ada data nyaa mengenai ketidak hadiran karyawan selama 6 bulan dr bulan juni sampai desember dan jumlah karyawan nya ada 80 orang bagimana menghitung percentase keharian nya selama 6 bulan di Hotel A tersebut. Karyawan di hotel itu masuk selama 25 hari sisa nya kalo ga masuk bisa karna cuit dan sakit. Mohon bantuan nya kak Thank You

  39. kak, punyaku kok malah jadi bahasa inggris, dan hari sabtu minggu nya gak ada silangnya?
    terus, kalau mau hari libur nya cuma minggu gimana kak caranya?

    • mangalaisme berkata:

      1. pengaturan bahasa ada di Control Panel>Regional Setting
      2. Gak ada silang karena rumusnya membaca sabtu dan minggu, bukan Saturday Dan Sunday.
      3. Libur cuma minggu, ganti rumus pada langkah ke 9 menjadi =IF(OR(D$10=$D$23;D$10=$D$24;D$10=$D$25;D$10=$D$26);”XXX”;IF(D$9=”MINGGU”;”XXX”;””))

  40. mawi berkata:

    Pak itu koq bsa ssuai dgn tahun
    Sedangkan says hari & tgal tdk ssuai dgn tahun? Pdahl rmus sdh bnar
    Th mmsukan tahunnya apa ada rmusnya jg?

  41. mawi berkata:

    Sya hri & tgal tdk akur
    Apa tahunnya jg menggunakan rumus?

  42. A.Rasid berkata:

    Yg dimaksud (pada C5 Lalu Enter) soalnya sy sdh coba tapi yg muncul hsilnya adlh (#Name?) Mohon penjelasan..

  43. mangalaisme berkata:

    Mohon maaf jika ada komentar yang tidak sempat dibalas krn keterbatasan waktu dan ilmu.. 🙂

  44. adyysyn berkata:

    gak jelas juga…

  45. sahrul Imam berkata:

    1. Mas mohon maaf file yang terbaru saya kopas.2. kalau ada yang hari minggu itu kolomnya berwarna merah bukan huruf xxx. trima kasih.

  46. indri berkata:

    pak, saya masih bingung cara bikin hari libur tambahan. itu pake rumus apa ya.. begitu ketik angka 1 ato 2 otomatis kolom hadir ada tanda xx..
    minta petunjuknya yess… tengkyu

  47. Yan Adhi Wikarsa berkata:

    Assalamu’alaikum ada yang ingin saya tanyakan, bila di kantor berlaku sistem rolling (off day) yang berarti jadwal karyawan libur tidak selalu di hari Minggu.Sedangkan, hari Sabtu masih aktiv bekerja bagaimana fungsi/rumus nya pak ?
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum

  48. Alief berkata:

    Pak kenapa nama hari saya dalam bahasa inggris ya pak, bisa dibantu nggk?

  49. Plb Sampang berkata:

    Bagaimana caranya pak mengubah nama hari yang berbahasa inggris ke bahasa indonesia

Tinggalkan Balasan ke Nur Azizah Batalkan balasan